Senin, 31 Oktober 2011

Tulisan Aspek Hukum dalam Bisnis (softskill)

Nama : Nurul Kartika Pradini
Kelas : 3DD03
NPM : 31209404

Tulisan 2
Kesehatan Lingkungan di Masyarakat
Banyak masyarakat menghadapi berbagai risiko kesehatan. Faktor lingkungan dan tantangan ekonomi dan sosial yang mendasari dapat menghasilkan beberapa risiko tersebut. Selain itu, kurangnya kepercayaan antara penduduk dan pemerintah dapat memperburuk situasi. Penilaian Masyarakat Kesehatan Lingkungan (CEHAs) berusaha untuk melibatkan penduduk yang terkena dampak dan pemangku kepentingan lainnya dalam mengidentifikasi dan mengatasi masalah kesehatan lingkungan di komunitas mereka. Protokol untuk Menilai Keunggulan Komunitas di Kesehatan Lingkungan (PACE EH) adalah alat keterlibatan masyarakat. EH PACE menawarkan metode untuk melibatkan masyarakat untuk mengidentifikasi masalah kesehatan mereka, mengambil tindakan terhadap masalah lingkungan kesehatan mereka, dan meningkatkan kesehatan dan kualitas hidup.
Protokol untuk Menilai Keunggulan Komunitas di Kesehatan Lingkungan (PACE EH)
Pejabat Kesehatan Kabupaten dan Kota (NACCHO) dan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) bekerjasama untuk mengembangkan EH PACE. Metodologi ini panduan masyarakat dan pejabat kesehatan setempat dalam melakukan penilaian berbasis masyarakat kesehatan lingkungan. EH PACE mengacu pada kolaborasi komunitas dan prinsip-prinsip keadilan lingkungan untuk melibatkan masyarakat umum dan stakeholder lainnya di :
• Mengidentifikasi isu-isu lokal kesehatan lingkungan,
• Menetapkan prioritas tindakan,
• Target populasi paling berisiko, dan
• Menangani masalah yang diidentifikasi.

Mengapa Harus Menggunakan EH PACE dalam Masyarakat?
Yang paling penting, EH PACE proses dapat mengarah ke tindakan tentang isu-isu kesehatan lingkungan yang mempengaruhi baik kesehatan dan kebutuhan alamat masyarakat. Departemen Kesehatan Florida Masyarakat menggunakan EH PACE proses dalam komunitas Wabasso . Pemimpin swasta dan publik dalam mengidentifikasi isu-isu Wabasso atas mereka kesehatan
• Aman dan sehat perumahan,
• Komunitas keamanan dari kekerasan dan perdagangan narkoba,
• Penerangan jalan,
• Diakses daerah untuk kegiatan fisik yang aman dan rekreasi,
• Akses ke air minum yang aman, dan
• Solusi untuk kegagalan sistem septik dan akses ke sistem air limbah kota.
Lampu jalan dan trotoar dipasang. Rumah terbengkalai telah dihapus dan rumah yang ada diperbaiki. Saluran air dipasang, sistem septik ditingkatkan, dan taman ditingkatkan, termasuk penambahan jejak berjalan. Badan kesehatan setempat tidak bisa mengatasi masalah ini sendiri. Tapi kesehatan staf lembaga sering tahu siapa yang harus dihubungi dalam pemerintahan lokal atau komunitas.
Karena perbaikan, responden survei melaporkan beberapa manfaat. Aktivitas fisik di luar ruangan meningkat (80%), rasa kesejahteraan meningkat (94%), dan kepercayaan dalam pemerintah untuk mengatasi masalah meningkat (91%). Sebuah investasi $ 30.000 dalam waktu staf departemen kesehatan lokal menghasilkan lebih dari $ 1,5 juta dalam perbaikan.
Tidak semua masyarakat menggunakan protokol ini telah melakukan pendek dan jangka panjang evaluasi dampak. Namun, proses evaluasi EH PACE [PDF - 1,7 MB] digunakan di beberapa situs mencatat bahwa pelaksanaan penilaian kesehatan masyarakat lingkungan mengakibatkan :
a. Dibangun jaringan dan kolaborasi,
b. Peningkatan pengetahuan dan keterampilan dalam kesehatan lingkungan dan kolaborasi,
c. Peningkatan kesadaran masalah kesehatan lingkungan,
d. Peningkatan kepercayaan antara kolaborator,
e. Memperkuat persepsi badan kesehatan sebagai pemimpin.
EH PACE membantu dengan pelaksanaan 10 Esensial Pelayanan Kesehatan Lingkungan Masyarakat . Salah satu layanan adalah untuk menginformasikan, mendidik, dan memberdayakan masyarakat tentang masalah kesehatan lingkungan, dan lainnya adalah untuk memobilisasi masyarakat dan kemitraan tindakan untuk mengidentifikasi dan memecahkan masalah kesehatan lingkungan. EH PACE juga dapat membantu menjamin kesehatan tenaga kerja yang kompeten lingkungan dan meningkatkan proses pengambilan keputusan dengan memperkuat keterlibatan masyarakat sehingga nilai-nilai publik dan prioritas yang dipertimbangkan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar