Selasa, 16 November 2010

Tugas kewirausahaan yang baru

Nama : Nurul kartika Pradini
Kelas : 2DD03
NPM : 31209404
Tugas : Kewirausahaan (softskill)
Dosen : Joko Utomo

Tugas 2

1.Dari jenis usaha yang anda rumuskan pada tugas 1, buatlah :
a. Perencanaan dari usaha yang akan anda inginkan
b. Bentuk kepemilikan
c. Rencana pemasaran, meliputi :
oKondisi pasar
oKondisi pesaing
oBentuk kegiatan promosi yang ingin dilakukan dan hal-hal yang dibutuhkan untuk memasarkan produk anda

Jawab :

Analisa kue
a. Buat daftar bahan-bahan yang diperlukan untuk produksi dan kemasan
b. Rincilah peralatan yang diperlukan dalam pengelolaan kue kering
c. Menetapkan harga jual yang bersaing
d. Memperkirakan berapa keuntungan yang diperoleh

Rincian biaya
Modal : Rp 720.000
Bahan-bahan yang diperlukan
1. Satu karung tepung terigu : Rp 360.000
2. Lima kilo telur : Rp 45.000
3. Pengembang kue : Rp 30.000
4. Satu karung gula : Rp 250.000
5. Soda kue : Rp 20.000
6. Pewarna makanan : Rp 15.000 +
Rp 720.000

Strategi Pemasaran
Suatu rencana yang memungkinkan perusahaan mengoptimalkan sumber daya manusia untuk mencapai tujuan pemasaran dan perusahaan. Strategi pemasaran untuk usaha kue dapat dilakukan di berbagai tempat misalkan, jualan didepan rumah, jualan dipasar bila perlu kita dapat mengiklankan dagangan kita tersebut dengan cara membuat brosur, atau bisa juga dagangannya kita titipkan di warung-warung kecil, kantin sekolah dll. Selain itu sebagai wirausaha kita juga harus mengetahui sedikit informasi tentang usaha yang kita jalankan dengan kita mengetahui kekurangan dan kelebihan usaha yang kita jalankan, supaya kita tidak mengecewakan konsumen dengan produk yang kita bikin.

Rencana Pemasaran
1. Formula tujuan pemasaran
2. Identifikasi kesempatan pemasaran
3. Fokus perencanaan pemasaran :
•Pengembangan produk baru
•Memperluas lini produk yang ada
•Revitalisasi merek produk yang ada
4. Pengembangan strategi pemasaran :
oIdentifikasi segmen pasar
oMenentukan target pasar
oPenempatan posisi produk
oPengembangan bauran pemasaran
5. Evaluasi dan pengendalian

Tujuan Pemasaran
Penempatan tujuan pemasaran dilakukan sebagai pegangan dasar bagi manajer madya di dalam memformulasi strategi. Proses penetapan tujuan ini dapat dilakukan dengan melakukan identifikasi kesempatan yang memungkinkan usaha tersebut dapat mengembangkan manfaat maksimum dibanding pesaing.

Kondisi Pasar
Kondisi pasar kue kering beberapa bulan terakhir kendati mengalami lesu permintaan, tidak mengurangi keinginan distributor kue untuk meningkatkan penjualan. Memanfaatkan momen Hari Raya Idul Fitri mendatang, distributor kue kering sudah mulai melakukan penambahan stok kue Lebaran.
Penambahan stok lebih banyak tertuju pada jenis kue kering seperti kue semprit, krastangel, keju wafer, pandan kelapa, trafles cookies, butter cookies, lidah buaya, pisang sale, nastar hingga berbagai jenis kacang-kacangan. Jenis kacang yang banyak ditawarkan antara lain, kacang kapri, kedelai, buncis, komak, kacang disko, kacang telur dan masih banyak lainnya. Soal harga belum banyak ada peningkatan. Harga aneka kue dalam kemasan berkisar Rp 25.000 per toples, camilan kacang antara Rp 20.500 per kg.

Kondisi Pesaing
Sebelum kita mendirikan suatu usaha kita harus mempertimbangkan kondisi pesaing yang ada sekarang ini agar kita dapat memperkirakan bagaimana cara kita untuk dapat bersaing dengan sehat. Supaya tidak ada yang saling dirugikan.

Organisasi yang dipilih untuk usaha kue adalah organisasi fungsional
Kebaikan dari organisasi fungsional adalah :
1 Pendekatan ini menjaga kekuasaan dan kedudukan fungsi-fungsi utama
2 Menciptakan efisiensi melalui spesialisasi
3 Memusatkan keahlian organisasi
4 Memungkinkan pengawasan manajemen puncak terhadap fungsi-fungsi yang ada dalam organisasi
Kelemahan dari organisasi fungsional adalah :
a. Menciptakan konflik antar fungsi
b. Adanya kemacetan pelaksanaan tugas
c. Umpan balik yang lambat
d. Memusatkan pada kepentingan tugasnya
e. Para anggota berpandangan lebih sempit serta kurang inovatif

Bentuk kepemilikan
Perusahaan perseorangan adalah bisnis yang kepemilikannya dipegang oleh satu orang. Pemilik perusahaan perseorangan memiliki tanggung jawab tak terbatas atas harta perusahaan. Artinya, apabila bisnis mengalami kerugian, pemilik lah yang harus menanggung seluruh kerugian itu.

Bentuk kegiatan promosi
Usaha kue ini sangat mudah untuk mempromosikannya bisa melalui internet, brosur, atau dari mulut ke mulut. Selain itu kita juga harus bisa lebih kreatif lagi untuk mempromosikan usaha yang kita jalankan supaya usaha ini dapat berjalan sesuai yang kita inginkan dan mendapatkan keuntungan yang cukup besar.
Dalam mempromosikan usaha yang kita jalankan, kita harus menjalin komunikasi yang baik terhadap konsumen, distributor dll, agar usaha kita dapat berjalan dengan lancar.
Selain dengan cara mempromosikan usaha yang kita dirikan, kita harus mempunyai strategi-strategi lainnya, seperti : Strategi discount harga, Strategi perluasan produk, Strategi pelayanan yang ditingkatkan.

1 komentar: